Tips Kiat Hidup Sehat

By Unknown  |  05.42 No comments

Cara tips menjaga kesehatan tubuh bagi kita tentunya kita perlukan. Karena bila seseorang ditanyakan apakah mau hidup sehat atau sakit tentunya jawabannya adalah hidup sehat. Karena manfaat kesehatan begitu besar pengaruhnya terhadap aktifitas hidup kita sehari-hari. Untuk itulah sebelum melangkah ke bahasan selanjutnya kita juga perlu mengetahui akan konsep pengertian sehat sakit itu sendiri.

Yang dimaksud dengan pengertian sehat menurut WHO badan Kesehatan Dunia adalah merupakan suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. Sehingga makna kesehatan secara umum dan global adalah merupakan keadaan sehat baik dalam hal fisik mental serta sosial. Maka bila saja ada kekurangan dalam satu hal saja, misal ada gangguan mental, maka seseorang tidak dapat dikatakan sebagai manusia individu yang sehat.

Pengertian konsep sakit menurut Perkins bahwa yang dimaksud dengan sakit adalah sebagai suatu keadaan yang tidak menyenangkan yang menimpa seseorang sehingga seseorang menimbulkan gangguan aktivitas sehari-hari baik itu dalam aktivitas jasmani, rohani dan sosial.

Tips Kiat Hidup Sehat

Tips Hidup Sehat Berkualitas Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Menjalankan kehidupan dengan segala aktifitas yang banyak tentunya membutuhkan konsentrasi, tenaga dan pikiran yang optimal agar bisa menjalankan kehidupan dengan baik. Untuk itulah perlunya dan juga manfaat menjaga kesehatan tubuh badan sangat diperlukan dalam hal ini.

Mengingat akan sehat tidak hanya terbatas pada fisik saja, akan tetapi sehat mental dan sosial juga adalah merupakan arti yang sesungguhnya dari sehat. Apalah arti sehat jasmani saja, akan tetapi kehidupan psikososialnya tidak terjaga dengan baik pula. Demikian pula dengan sebaliknya.

Berikut beberapa cara gaya hidup sehat dan juga sekaligus cara pola hidup sehat antara lain dengan melakukan hal-hal sebagai berikut :

Berolahraga Teratur
Olahraga tidak harus yang banyak memakan tenaga, tetapi olahraga yang rutin teratur akan sangat membantu menjaga kondisi badan tetap fit prima dan sehat. Olahraga ringan bisa dilakukan dengan berjalan kaki. Asalkan rutin paling tidak 2 kali seminggu akan membantu performa kita dalam beraktifitas sehari-hari. Mengingat juga banyak manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh kita masing-masing.

Istirahat Tidur Yang Cukup
Kebutuhan manusia untuk beristirahat dalam hal ini adalah tidur adalah merupakan bagian dari kebutuhan pokok manusia hidup. Tuhan juga menciptakan malam dan siang salah satu tujuannya adalah untuk menusia bisa mempunyai waktu untuk beristirahat.

Dalam beberapa beberapa penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan tidur manusia 8 jam tidur per 24 jam ( sehari semalam ) merupakan kebutuhan standar rata-rata untuk orang dewasa. Kurang tidur juga bisa menyebabkan penyakit atau pun gangguan. Kurang tidur juga bisa menyebabkan stressor tinggi serta juga bisa berdampak pada penuaan dini.

Tips Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Mengkonsumsi Buah Dan Sayuran
Memperbanyak dalam hal konsumsi buah-buahan dan juga sayuran dalam menu makan kita sehari-hari akan membantu kualitas hidup kita lebih baik dan lebih sehat lagi. Menambah atau memperbanyak untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran sangat baik untuk menutrisi tubuh.

Berbagai buah-buahan seperti jeruk, semangka, pepaya, apel dan lain-lain serta aneka sayuran seperti bayam, sawi dan lain-lain merupakan buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Menghindari Stres
Stres dalam kehidupan manusia tentunya tak akan lepas. Hanya saja kita sebagai manusia tentunya juga dikarunia akal dan pikiran yang sehat dalam hal mengatasi memanajemen stress itu sendiri. Walaupun tiap orang mempunyai mekanisme pertahanan diri yang berbeda dalam menghadapi stressor itu sendiri.

Stress memang tidak dapat dihilangkan, tapi dapat dikurangi dan dihindari. Lakukan kegiatan positif yang memacu anda untuk berkreasi, dengan begitu hal-hal yang memicu anda untuk stress dapat dilupakan sejenak. Lakukan kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga dan sejenak melepaskan beban pekerjaan di kantor atau tempat kerja.

Banyak Minum Air Putih
Air diperlukan untuk melaksanakan fungsi tubuh kita, seperti membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh kita. Karena kita kehilangan air setiap hari melalui urin, buang air besar, keringat, dan pernapasan, kita perlu mengisi asupan air kita. Jumlah air yang kita butuhkan tergantung pada berbagai faktor seperti kelembaban, aktivitas fisik, dan berat badan.

Akan tetapi umumnya kita memerlukan air putih untuk minum adalah sejumlah 2,7 – 3,7 liter asupan air dalam satu harinya. Karena asupan makanan menyumbang sekitar 20% dari asupan cairan kita, itu berarti kita perlu minum sekitar 2 – 3 liter air, atau sekitar 8-10 gelas.

Demikian beberapa langkah dan cara menjalankan pola hidup sehat dalam kehidupan kita sehari-hari yang akan menunjang aktifitas kita pula. Jadi ingat akan slogan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula.

Tag : Kesehatan
Author: Unknown

Hanya seorang blogger yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan dan semoga bisa memberikan manfaat kepada kita semuanya

0 komentar:

Recent Articles

© 2014 ~ 2016 Tino Berita ~ WP Themonic ~ Template by Bloggertheme9 Powered by Blogger ~ News Farras ~ Sehat Kita Semua
TOP