Manfaat Tujuan Bonding Kedekatan Orang Tua Dan Anak

By Tino Berita  |  17.28 No comments

Memelihara kedekatan orang tua dengan anak dan juga tujuan manfaat pentingnya menyediakan waktu bersama anak dan keluarga banyak memberikan dampak pengaruh positif terhadap pertumbuhan perkembangan fisik dan mental serta kecerdasan anak.

Bonding atau kelekatan kedekatan antara anak dan orang tua memegang peranan penting untuk tumbuh kembang anak yang optimal, selain pemenuhan gizi seimbang dan stimulasi. Untuk menjalin kedekatan dengan anak pun ada beberapa kunci yang sudah seharusnya dilakukan oleh orang tua.

Manfaat Tujuan Bonding Kedekatan Orang Tua Dan Anak

Cara Memelihara Menjaga Bonding Antara Orang Tua Dengan Anak


John Bowlby seorang ahli psikologi mengembangkan penelitiannya terhadap manusia, dan menyebutkan bahwa 3 tahun pertama hidup seorang anak adalah waktu paling baik untuk pengembangan kedekatan antara orangtua dan anak. Studi Bowlby kemudian dikembangkan oleh koleganya, Mary Ainsworth, yang kemudian mengklasifikasikan bentuk-bentuk attachment antara orangtua dengan anak.

Dari studi Ainsworth, kita mengetahui bahwa sebagian besar anak sebetulnya mengalami perasaan aman (secure) terhadap orangtuanya (secure attachment). Sementara ada sebagian kecil yang mengembangkan perasaan tidak aman (insecure).

Studi attachment kemudian membuktikan bahwa anak yang secure cenderung berkembang lebih sehat mental dibandingkan anak insecure.

Anak yang secure terbukti mampu memecahkan masalah dengan lebih baik, lebih kreatif, menunjukkan lebih banyak emosi positif, lebih bisa bergaul karena lebih sensitif kepada teman-temannya, lebih banyak inisiatif dan lebih mampu menjadi pemimpin, lebih semangat belajar sehingga cenderung lebih berprestasi, dan masih banyak kelebihan positif lain.

Baca juga : Tips Cara Mendidik Anak Dan Memberikan Contoh Yang Baik.

Sementara anak insecure cenderung lebih banyak menunjukkan kemarahan dan agresivitas, sulit diatur, tunjukkan beberapa gangguan psikologis, dan beberapa kekurangan lain.

Berikut tips cara menjaga bonding kedekatan orang tua dengan anak antara lain bisa dilakukan dengan hal-hal berikut ini :

Memeluk Anak

Pelukan merupakan salah satu ungkapan kasih sayang dan dapat mempererat kedekatan antar anak dan orangtua. Setidaknya berilah anak 4 pelukan setiap harinya. Contoh mudahnya berikan pelukan kepada anak pada saat akan tidur, saat bangun tidur, berangkat sekolah/kerja, dan sepulang sekolah/kerja.

Bermain Bersama Anak

Banyak permainan yang dapat dimainkan bersama oleh anak dan orangtuanya, contohnya saja bermain peran seperti tamu-tamuan, masak-masakan, atau dokter-dokteran. Ibu juga dapat bergabung dengannya saat ia main menggambar, mewarnai, menggunting, menempel dan lainya sembari mengarahkan dan membiarkan imajinasinya semakin berkembang.

Menjadi Teman Berbagi

Cobalah untuk memposisikan diri tak hanya menjadi orangtuanya, tetapi juga sebagai teman baik dan sahabat bagi anak. Saat ia melihat orangtuanya sebagai sahabat baiknya, maka anak bisa mencurahkan perasaan, mengadu, atau bercerita tanpa rasa malu dan segan.

Berkomunikasi Dan Mengobrol Bersama Anak

Tidak sedikit para orangtua yang tidak mengajak ngobrol anak-anaknya saat mereka melakukan aktivitas bersama. Padahal obrolan-obrolan kecil dapat membuat ikatan antara orangtua yaitu ayah dan ibu dan anak semakin erat.

Orangtua dapat menjalin komunikasi yang intensif dengan anak dengan mudah. Misalnya di sela-sela kesibukan orang tua, dapat meluangkan waktunya sedikit sekedar untuk sms atau telepon. Sekedar menanyakan apakah ia sudah pulang sekolah, atau sudah makan akan membuat mereka merasa diperhatikan meski orangtuanya sibuk bekerja.

Manfaat Pentingnya Menyediakan Waktu Bersama Anak


Salah satu investasi waktu terbaik dan yang paling bijaksana adalah meluangkan waktu bersama keluarga. Mengapa demikian?

Karena banyak penelitian yang menunjukan bahwa orangtua yang sering meluangkan waktu bersama anak-anaknya seperti saling bercerita, mendengarkan dan menjawab pertanyaan mereka, maka prestasi anak-anak akan jauh lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang tidak melakukannya bersama orangtua mereka.

Anak remaja yang orangtuanya banyak meluangkan waktu bersama di rumah, memberi semangat untuk mencapai cita-cita dan memberikan nasihat-nasihat baik, akan membuat anak-anak bertindak dan berperilaku lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

Juga remaja yang orangtuanya sering meluangkan waktu bersama mereka setelah pulang sekolah, akan memiliki kondisi mental yang lebih stabil dan lebih sehat, yang mampu mencegah timbulnya stres akibat tekanan-tekanan dalam kehidupan mereka.

Bahkan banyak penelitian yang dilakukan terhadap anak muda, terutama anak-anak gadis, menunjukan bahwa mereka yang memiliki komunikasi dan hubungan yang erat dengan orangtua akan mampu mencegah mereka untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan negatif.

Anak merupakan prioritas hidup yang penting bagi orangtua, salah satu yang perlu dilakukan orangtua adalah menyediakan waktu bersama-sama dengan anak mereka. Adalah sebuah kebohongan saat orangtua mengatakan bahwa anak adalah prioritas hidupnya namun dia tidak pernah memiliki waktu yang dihabiskan bersama dengan anak-anaknya dalam sehari-hari.

Penyediaan waktu bersama dengan anak setidaknya perlu memperhatikan dua aspek penting yakni kuantitas dan kualitas. Kuantitas merujuk pada seberapa banyak dan seberapa sering orangtua menyediakan waktu bersama anak-anak mereka.

Cara Memelihara Menjaga Bonding Antara Orang Tua Dengan Anak

Tentu saja semakin positifnya aspek kuantitas ini tergantung pada semakin banyak dan semakin seringnya waktu yang disediakan. Sementara itu, kualitas merujuk pada nilai atau mutu dari kebersamaan yang terjadi.

Semakin tinggi nilai atau mutu kebersamaan tersebut akan ditandai dengan semakin positifnya perkembangan anak dan juga orangtua. Di zaman sekarang ini, menyediakan waktu bersama anak bukanlah perkara mudah bagi orangtua.

Penyebab alasan orang tua sulit susah dekat dengan anak diantaranya adalah sebagai berikut :
Kesibukan kerja orangtua. Semakin meningkatnya tuntutan kebutuhan sosial ekonomi mendorong bertambahnya waktu kerja.

Tambah lagi, berbeda dengan dahulu, sekarang ini tidak hanya salah orangtua yang bekerja namun kedua orangtua. Hal tersebut menyebabkan terancamnya penyediaan waktu untuk anak-anak mereka.

Sulitnya menyediakan waktu bersama anak adalah semakin besarnya aspirasi para orangtua akan hobi, kesenangan, dan kebutuhan dirinya sendiri yang otomatis akan menyita waktu yang dimilikinya. Sekarang ini banyak ditemukan orangtua yang menghabiskan waktunya untuk melakukan hobi dan kesenangan dirinya.

Selain hobi-hobi individual, banyak juga yang menghabiskan waktunya untu melakukan hobi yang berhubungan dengan orang lain misalnya yang banyak terjadi adalah kesibukan menjalin relasi di dunia maya.

Manfaat Menyediakan Waktu Bermain Dengan Anak

Kewajiban orang tua salah satunya adalah meluangkan waktu bagi ayah atau pun ibu untuk bersama-sama dengan keluarga dan anak-anak tentunya untuk bisa bersama-sama menjalankan kegiatan yang menyenangkan bagi keluarga.

Menyediakan waktu bersama anak sendiri memiliki beberapa manfaat antara lain adalah sebagai berikut :

Mempererat ikatan hubungan kasih sayang orangtua dan anak

Relasi yang erat dan berkualitas antara anak dan orangtua akan berpengaruh positif terhadap anak dan juga pada akhirnya pada orangtua sendiri. Anak yang memiliki relasi yang erat dan berkualitas akan mengalami kesejahteraan psikologis.

Selain itu, dengan adanya dukungan dari orangtua yang terjadi dalam relasi yang erat, anak akan berkembang secara optimal dalam banyak aspek lainnya misalnya aspek kognitif, bakat, sosial dan sebagainya.

Manfaat kedua adalah bagian dari kesempatan bagi orangtua untuk mengetahui bahkan berperan dalam berbagai aspek kehidupan anak tanpa anak merasa di intervensi secara sewenang-wenang.

Lewat kebersamaan dengan anak, orangtua dapat mengikuti sekaligus memahami anak dalam berbagai tahap perkembangan hidup yang diajalaninya sehari-hari.

Dengan demikian, lebih muda bagi orangtua menjadi pribadi yang diterima oleh anak untuk mengetahui bahkan memberikan masukan pada anak dalam kehidupan sehari-hari yang dijalaninya.

Tag : Parenting
Author: Tino Berita

Hanya seorang blogger yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan dan semoga bisa memberikan manfaat kepada kita semuanya

0 komentar:

Recent Articles

© 2014 ~ 2016 Tino Berita ~ WP Themonic ~ Template by Bloggertheme9 Powered by Blogger ~ News Farras ~ Sehat Kita Semua
TOP