Inilah Penyebab Dan Cara Menghilangkan Bau Kaki

By Tino Berita  |  04.23 1 comment

Mengetahui akan faktor penyebab bau kaki dan mengetahui akan cara kiat tips menghilangkan mengatasi bau kaki memang penting mengingat akan masalah bau kaki ini tidak sedikit dari kita yang mengalaminya.

Aroma tidak kurang sedap dari bau kaki memang kerapkali dan seringkali terjadi pada diri kita. Dan hal tersebut tentunya akan menimbulkan masalah dampak efek bau kaki pada turunnya rasa percaya diri seseorang.

Penyebab bau kaki adalah oleh karena bakteri yang menetap di permukaan kulit dan sepatu. Bakteri tersebut memakan keringat pada kaki dan memproduksi zat asam yang menebarkan bau tak sedap.

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Bau Kaki

Kenapa seseorang bisa memiliki bau kaki? Tubuh manusia ditutupi kelenjar yang mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh ketika cuaca panas.

Beberapa bagian tubuh memiliki konsentrasi kelenjar keringat yang lebih tinggi ketimbang bagian lainnya. Dan kaki, menjadi salah satu bagian tubuh yang paling banyak kelenjar keringatnya.

Bau kaki disebabkan oleh dua hal, yaitu bromhidrosis dan hiperdrosis. Bromhidrosis merupakan sekelompok bakteri di tubuh yang memproduksi bau. Sedangkan hiperdrosis merupakan produksi keringat berlebih. Di kaki kita terdapat lebih dari 250.000 kelenjar keringat yang memproduksi 570 ml keringat setiap harinya.

Jika bakteri dan keringat tersebut bercampur maka akan menghasilkan isovaleric acid. Isovaleric acid merupakan zat yang berbau tidak sedap. Perlakuan dan perawatan yang kurang tepat terhadap kaki juga bisa menimbulkan bau tidak sedap pada kaki.

Hal-hal faktor yang bisa menyebabkan timbulnya bau kurang sedap pada kaki seperti informasi pemberitaan yang dimuat di Suaramerdeka.com diantaranya adalah sebagai berikut :

Keringat Yang Berlebihan

Memang dalam hal ini keringat berlebihan bukanlah satu-satunya faktor yang harus disalahkan dalam hal ini. Jika kamu menghasilkan keringat pada kaki, maka kelembapan yang dihasilkan saat kamu menggunakan alas kaki yang tertutup (baik sepatu, kaos kaki dan lainnya) dapat menghasilkan kelembapan.

Tempat yang lembap ini tentu saja menjadi lokasi favorit bakteri. Nah, bakteri ini kemudian akan membuat bau tak sedap pada kaki dengan memecah keringat dan sel-sel kulit mati.

Untuk mengatasinya, kita bisa melawan bau tak sedap ini dengan mengganti kaos kaki dengan segera, terutama ketika kaki kita selesai berkeringat. Selain itu, kita bisa menggunakan kaos kaki dengan bahan yang menyerap kelembaban tinggi seperti wol merino.

Menggunakan Sepatu Dalam Durasi Yang Lama

Seperti halnya kaos kai, sepatu yang kamu gunakan tak harus selalu hangat atau hangat. Itulah sebabnya, banyak para podiatrist yang menyarankan kamu untuk tidak menggunakan sepatu yang sama sepanjang hari. Sayangnya banyak orang yang tak bisa menjalankan saran tersebut.

Stress

Siapapun tentu akan merasa kesal jika memiliki kaki bau. Hanya saja, terlalu memikirkannya akan membuat kita menjadi semakin stres. Dengan demikian maka justru dengan kehadiran stres dan tekanan berlebih akan membuat kita memiliki keringat ekstra, termasuk pada wilayah kaki.

Selain itu, keringat berlebih yang dihasilkan oleh stres terdiri dari bahan yang berbeda dari keringat akibat panas.

Hal ini disebabkan oleh karena keringat-keringat tersebut diproduksi dalam berbagai jenis kelenjar keringat. Keringat stres lebih mengarah pada bau tak sedap yang lebih menusuk. Karena disebabkan oleh stres, maka penyebab bau kaki yang satu ini harus dihilangkan dengan mengurangi stres.

Perubahan Hormon

Kadar tingkat hormonal dalam tubuh juga dapat mengubah produksi keringat dan bau tak sedap dari tubuh kita secara keseluruhan. Sehingga jangan heran jika Wanita Hamil, wanita menopause, dan bahkan remaja yang baru di sambangi jerawat penuh memiliki aroma tubuh yang tak sedap, tak terkecuali kaki.

Untuk kasus yang satu ini, maka caranya adalah dengan menyeimbangkan kadar hormonal akan menjadi solusi lebih efektif. Di samping hal tersebut maka kita juga berusaha untuk menjaga kebersihan kaki, dengan rajin membersihkan kaki setelah seharian menggunakan sepatu, dan lainnya.

Infeksi Pada Kaki

Jamur dan juga bakteri adalah salah satu musuh utama yang harus kita hindari jika kita tak ingin aroma tak sedap muncul dari kaki. Jamur biasanya rentan pada mereka yang harus menggunakan sepatu saat beraktivitas dan aktivitas mereka memicu keringat yang banyak (misalnya atlet).

Untuk mencegah kemunculan jamur, mereka biasanya akan menggunakan krim anti-jamur. Sayangnya, krim ini justru akan semakin memperparah keadaan, terutama pada area sela-sela jari.

Jika kita bersikeras untuk menggunakannya, sebaiknya oleskan krim pada alas dan sisi kaki. Untuk sela-sela jari sebaiknya gunakan bedak anti-jamur. Selain itu, jangan lupa membersihkan kaki dengan benar setelah beraktivitas.

Cara Tips Mencegah Menghilangkan Mengatasi Bau Kaki


Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam rangka mencegah menghilangkan serta juga mengatasi bau kaki dan berikut beberapa langkah cara tips kiatnya seperti informasi yang dilansir dari Wolipop.com antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Kenakan kaus kaki terbuat dari katun yang mudah menyerap keringat. Sebelum memakai kaus kaki, taburkan dulu telapak kaki dengan talc untuk mencegah keluarnya keringat berlebih dan menjaga kaki tetap kering. Fokuskan pemakaian bedak tabur pada sela-sela jari kaki.
  2. Semprotkan bagian dalam sepatu dengan deodorizer untuk meminimalisir bau. Jika sepatu Anda boleh dicuci, bersihkan menggunakan air panas untuk membunuh bakteri. Dokter Naturopati Meghan Walker menganjurkan untuk memasukkan masing-masing satu sachet lavender atau kepingan kayu cedar ke dalam sepatu di malam hari agar aromanya lebih harum.
  3. Taburkan minimal satu sendok teh baking soda ke masing-masing sepatu untuk menetralisir bau kaki dan menjaga kaki tetap kering selama dipakai beraktivitas. Bisa juga dengan menaruh kantung kain berisi bubuk arang dan baking soda sehari semalam.
  4. Cuci kaki secara teratur dengan air hangat dan sabun antibakteri. Setiap dua hingga tiga kali seminggu, rendam kaki di dalam air hangat yang telah diberi dua cangkir garam mineral dan beberapa tetes minyak tea tree atau thyme untuk membunuh bakteri.
  5. Kurangi produksi kelenjar keringat dengan mandi teh. Kandungan tanin di dalam teh hitam efktif membantu menutup beberapa pori-pori pada kaki.
  6. Cuci kaki secara teratur. Cuci kaki secara teratur untuk menghilangkan isovaleric acid yang menempel pada kaki anda. Gunakan sabun anti bakteri saat mencuci kaki. Penggunaan sabun anti bakteri terbukti efektif untuk membasmi bakteri yang menyebabkan bau kaki. Selain itu, berendam kaki dalam ember berisi air hangat yang telah dicampur dengan sabun anti bakteri juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan bau kaki. Setelah itu bilas kaki dengan air hingga bersih. Saat ini telah banyak produk sabun anti bakteri yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Anda bisa memilih sabun anti bakteri yang paling banyak direkomendasikan.
  7. Perhatikan sepatu dan kaos kaki. Jangan menggunakan kaos kaki yang sama dalam beberapa hari. Hal itu dapat menyebabkan bakteri penyebab bau kaki berkembang dengan cepat. Gantilah kaos kaki anda setiap hari dan pilihlah kaos kaki yang berbahan katun. Biasanya di kemasan kaos kaki selalu tercantum bahan yang digunakan. Anda bisa memilih kaos kaki minimal 70% berbahan katun. Begitu pula dengan sepatu. Jangan menggunakan sepatu yang sama setiap hari. Namun bukan berarti anda harus memiliki 7 pasang sepatu. Dua pasang sepatu saja sudah cukup. Anda bisa menggunakannya secara bergantian. Jangan lupa untuk rajin mencuci atau menjemur sepatu anda. Jika memungkinkan, anda bisa memilih sepatu berbahan kulit. Sepatu berbahan kulit bisa mencegah timbulnya bau tidak sedap lebih baik daripada sepatu berbahan sintetis.
  8. Gunakan foot spray. Foot spray atau spray kaki bisa anda dapatkan dalam beberapa produk kecantikan yang tersedia di pasaran. Penggunaan foot spray bisa mencegah timbulnya bau kaki karena foot spray biasanya mengandung alumunium klorida yang berfungsi untuk mengurangi keringat pada kaki sehingga meminimalisir munculnya bau tidak sedap pada kaki. Anda bisa menyemprotkan foot spray pada malam hari sebelum tidur. Tapi bagi yang mempunyai masalah bromhidrosis atau hiperdrosis tidak dianjurkan untuk menggunakan foot spray. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk menangani masalah ini.

Tag : Kesehatan
Author: Tino Berita

Hanya seorang blogger yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan dan semoga bisa memberikan manfaat kepada kita semuanya

1 komentar:

  1. Jengkel saya kalau mendadak cium bau kaki seseorang, sepertinya tips menghilangkan bau kaki nya sangat ampuh. akan saya sarankan.

    BalasHapus

Recent Articles

© 2014 ~ 2016 Tino Berita ~ WP Themonic ~ Template by Bloggertheme9 Powered by Blogger ~ News Farras ~ Sehat Kita Semua
TOP