Calon Pengganti Kapolri Sutarman

By Tino Berita  |  06.03 No comments

Kepala Kepolisian RI Kapolri Jenderal Sutarman akan pensiun Bulan Oktober tahun 2015 ini. Dan ada beberapa bursa calon jenderal polisi yang akan menggantikan Sutarman sebagai Kapolri Kepala kepolisian Indonesia periode berikutnya.

Edi Saputra selaku selaku Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) seperti informasi yang dilansir dari tribunnews mengatakan bahwa sudah ada lima perwira tinggi Polri yang menjadi calon kepala Polri menggantikan Sutarman. Semua calon merupakan perwira tinggi berbintang tiga.

Calon Pengganti Kapolri Jenderal Sutarman

Nama Calon Kapolri Pengganti Sutarman


Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Presiden Joko Widodo untuk segera mengirimkan nama calon Kapolri pengganti Jenderal Pol Sutarman ke Komisi III DPR RI, setelah DPR mengakhiri masa reses pada tanggal dua belas Januari 2015.

Lima calon kepala Polri itu adalah :
  1. Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal (Komjen) Badroddin Haiti.
  2. Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Suhardi Alius.
  3. Inspektur Pengawasan Umum Komjen Dwi Priyatno.
  4. Kepala Badan Pendidikan Polri Komjen Budi Gunawan.
  5. Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Putut Eko Bayu Seno.
Empat dari lima calon kepala Polri tersebut telah menyerahkan daftar riwayat hidup ke Kompolnas. Hanya Suhardi yang belum menyerahkan daftar riwayat hidup kepada Kompolnas.

”Saat ini, Kompolnas tengah menyusun berbagai laporan dari kelima calon kepala Polri tersebut. Kami tidak mempermasalahkan pergantian kepala Polri akan dilakukan dalam waktu dekat atau menunggu hingga Sutarman pensiun. Hal yang terpenting bagi kami adalah Presiden Joko Widodo telah menerima laporan kami terkait para calon tersebut,” kata Edi.

Menurut Edi, laporan daftar riwayat hidup para calon kepala Polri itu berisi seluruh informasi pribadi dan rekam jejak para calon. Selain itu, Kompolnas juga membuka layanan masyarakat untuk memberikan penilaian terhadap para calon kepala Polri melalui situs resmi Kompolnas, www.kompolnas.go.id.

Rekam Jejak Pendidikan Karir Calon Kapolri


Berikut adalah rekam jejak jenderal polisi yang dicalonkan menjadi Kepala POLRI menggantikan Jenderal Sutarman seperti informasi pemberitaan yang dimuat di tribunnews.

Badroddin Haiti

lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1985 pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (2010-2011) dan Kabaharkam (2013-2014).

Dwi Priyatno

Juga merupakan lulusan Akpol angkatan 1982 pernah menjabat sebagai Kepala Polda Jawa Tengah (2013) dan Kepala Polda Metro Jaya (2014).

Budi Gunawan

Lulusan dan angkatan Akpol 1983 yang pernah menjadi ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri (2001-2004) dan pernah menjabat Kepala Polda Bali (2012).

Putut Eko Bayu Seno

Merupakan lulusan Akpol 1984, pernah menjadi ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2009) sebelum menjadi Kepala Polda Jawa Barat (2011) dan Kepala Polda Metro Jaya (2012).

Suhardi Alius

Merupakan lulusan angkatan Akpol 1985 yang pernah menduduki posisi Kepala Polda Jabar (2013).

Polri memutuskan tidak ikut campur dalam proses pemilihan calon kepala Polri, serta mempersilakan para calon untuk mengikuti berbagai tahapan proses seleksi.

Berikut penuturan dari Inspektur Jenderal Ronny F Sompie selaku Kepala Divisi Humas Polri menanggapi penggantian kapolri sutarman ini "Kami menyerahkan proses pemilihan itu sepenuhnya kepada Presiden. Polri akan mengikuti segala tahapan yang diperlukan,"

Tag : UpdateInfo
Author: Tino Berita

Hanya seorang blogger yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan dan semoga bisa memberikan manfaat kepada kita semuanya

0 komentar:

Recent Articles

© 2014 ~ 2016 Tino Berita ~ WP Themonic ~ Template by Bloggertheme9 Powered by Blogger ~ News Farras ~ Sehat Kita Semua
TOP