Tips Cara Menjaga Kesehatan Kehamilan Dan Janin

By Tino Berita  |  02.03 1 comment

Kiat Dan Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Dan Janin dan juga berbagai hal yang terkait dengan kiat serta tips agar bumil dan janin tetap sehat tentunya harus diketahui dan dipahami dengan baik oleh para ibu hamil. Hal ini penting karena dengan mengetahui akan berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan ibu hamil dan janin yang berada di kandungan dan rahim akan memberikan dampak pengaruh yang baik dan positif terhadap keduanya.

Karena memang menjaga kesehatan kehamilan selama 9 bulan 10 hari proses hamil yang normal secara medis tentunya juga tidak mudah. Manfaat tujuan menjaga kesehatan kehamilan bagi para ibu hamil ini tentunya agar perkembangan dan pertumbuhan sang janin di dalam rahim berjalan dengan baik dan juga normal.

Sehingga nantinya Proses Persalinan Berjalan Normal dan kesehatan keduanya yaitu ibu hamil dan bayi baru lahirnya juga sehat dan selamat pula dalam menjalani proses kelahiran yang tidak mudah pula tentunya.

Tips Cara Menjaga Kesehatan Kehamilan Dan Janin

Mempersiapkan kehamilan sehat bagi seorang ibu hamil adalah merupakan salah satu tanda da bentuk kasih sayang sang ibu kepada calon buah hati dan anaknya kelak. Karena memang seperti yang kita ketahui bersama seperti kata pepatah "Kasih Ibu Sepanjang Masa, Kasih Anak Sepanjang Jalan" memang telah dikenal luas di masyarakat kita.

Seperti informasi yang didapat pada laman situs www.parenting.co.id bahwa langkah dan cara yang harus dijalani oleh para ibu hamil agar janin bisa berkembang dengan baik di dalam rahim dan ia tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas berikut penuturan dr. penulis buku "100 info penting kehamilan" yang berisikan tips menghindari komplikasi resiko kehamilan agar janin sehat selama di dalam kandungan.

Panduan Untuk Kehamilan Yang Sehat


Antara lain panduan kehamilan sehat adalah dengan melakukan beberapa hal seperti berikut ini :

Pemeriksaan Kehamilan Secara Rutin Berkala
Hal ini dilakukan ketika sang ibu wanita telah diketahui positif hamil. Dengan hal ini tentunya akan memberikan pengetahuan dan wawasan tentang berbagai hal yang berhubungan dengan kesehatan ibu hamil dan janin. Bila pada pemeriksaan kehamilan didapati ada tanda-tanda resiko tinggi pada ibu hamil maka hal ini bisa dicegah dan dilakukan tindakan secara medis oleh dokter yang bersangkutan dan kompetan di bidangnya tersebut.

Tujuan manfaat dari pemeriksaan kehamilan rutin salah satunya adalah memantau kesehatan sang ibu hamil itu sendiri serta juga pertumbuhan perkembangan janin di dalam kandungan. Dan hal ini dilakukan semenjak awal kehamilan dan juga selama kehamilan berjalan 9 bulan dari mulai trimester I, trimester ke 2 dan trimester ke 3 kehamilan sang ibu.

Menerapkan Pola Kiat Hidup Sehat
Hal ini juga dengan cara makan sehat dan bervitamin, cukup minum air putih dan juga berolahraga. karena memang manfaat dan pentingnya di dalam rangka Kiat Dan Pola Hidup Sehat tidak saja berlaku pada manusia pada umumnya, akan tetap bagi para wanita ibu hamil juga sangat diperlukan akan hal ini.

Terkait dengan cukup minum air karena dengan kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi dengan baik hal ini bermanfaat demi menjaga kehamilan sehat. Sebab minum air cukup mampu mencegah kaki kram dan penggumpalan darah. Dan terkait dengan makan dan mengkonsumsi makanan sehat selama kehamilan maka hal ini yairu pada beberapa ibu hamil mungkin akan kehilangan nafsu makan ketika memasuki trimester pertama. Namun sebaiknya konsumsi makan sehat tetap dijaga demi menjaga kesehatan ibu dan janin.

Menjaga Kebersihan Daerah Kewanitaan
Ibu hamil harus tetap memperhatikan dan juga menjaga kebersihan diri, terutama di daerah vagina agar tidak terjadi keputihan. Selama ini keputihan pada ibu hamil sering kali diabaikan. Padahal, keputihan dapat berlanjut pada infeksi yang nantinya dapat menular kepada janin yang dikandung.

Kehamilan Sehat

Gangguan kesehatan ibu hamil bisa saja terjadi pada wanita dan ibu yang sedang menjalani masa proses mengandung selama 9 bulan tersebut. Bila para ibu hamil bisa tetap sehat dengan cara dan kiat tetap sehat bugar selama kehamilan akan memberikan dampak pengaruh yang baik pada kesehatan ibu dan juga janin di rahimnya.

Karena memang kehadiran si buah hati anak tercinta tentu sangat dinanti. Kekhawatiran bayi lahir cacat atau gangguan kesehatan yang dialami sang ibu pasca persalinan juga tak ingin dirasakan pasangan manapun. Sehingga tak ada satupun pasangan yang ingin dihadapkan pada komplikasi, baik selama masa kehamilan maupun persalinan itu sendiri.

Komplikasi semasa kehamilan bisa terjadi kapan saja, oleh karena itu sebaiknya melakukan pemeriksaan kehamilan yang rutin dan lengkap dengan tenaga kesehatan terlatih, sehingga faktor yang menyebabkan komplikasi dapat dikenali dan diatasi sebelum komplikasi muncul.

Tag : Kehamilan
Author: Tino Berita

Hanya seorang blogger yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan dan semoga bisa memberikan manfaat kepada kita semuanya

1 komentar:

  1. Trimakasih ya telah mau berbagi ilmu..
    oya kalai unuk belanja perlengkapan bayi seperti kaos kaki bayi di mana ya..

    BalasHapus

Recent Articles

© 2014 ~ 2016 Tino Berita ~ WP Themonic ~ Template by Bloggertheme9 Powered by Blogger ~ News Farras ~ Sehat Kita Semua
TOP