Ujian Nasional UN Dihapus Diganti Evaluasi Nasional

By Tino Berita  |  05.27 No comments

Penghapusan ujian nasional dan digantikan dengan evaluasi nasional pada pemerintahan Presiden Jokowi akan segera dipastikan oleh pemerintah dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pro kontra Ujian Nasional UN selama ini juga banyak dikeluhkan oleh masyarakat juga.

Karena memang pada masa sekarang ini Kemendikbud sedang banyak berbenah mengenai sistem pendidikan di Indonesia. Kemendikbud berencana mengganti unas dengan evaluasi nasional (enas). Kepastian perubahan UN ini itu diperkirakan akan muncul pada minggu-minggu ini.

Ujian Nasional UN Dihapus Diganti Evaluasi Nasional

Ujian Nasional Diganti Evaluasi Nasional


Seperti informasi yang dilansir dari JPNN bahwasannya Mendikbud Anies Baswedan menolak menjelaskan panjang lebar mengenai rencana pemerintah mengganti UNAS dengan ENAS ini. Soal perubahan unas ke enas, menteri asal Kuningan, Jawa Barat, itu tidak membantah, tetapi juga tidak membenarkannya.

Dia mengatakan bahwasannya di saat ini Kemendikbud berfokus pada urusan Evaluasi Kurikulum 2013 (K-13).

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) selaku penyelenggara unas, yang bakal berganti enas, terus menggeber rapat-rapat teknis persiapan penyelenggaraan periode 2015. Kemarin misalnya, tim BSNP menggelar rapat dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud.

"Kami berharap pekan depan sudah ada titik jelasnya. Sekarang masih tahap usulan dari unas menjadi evaluasi nasional," kata Teuku Ramli selaku anggota BSNP di Jakarta kemarin dikutip dari jpnn.

Menurut Ramli, pengubahan ini muncul dari kajian-kajian dan penyerapan aspirasi dari beberapa pihak. Jadi tidak ditetapkan sepihak oleh Kemendikbud atau BSNP saja. Tetapi juga menjaring persepsi dari masyarakat terkait pelaksanaan unas selama ini. Seperti persepsi bahwa unas itu menjadi ujian "mati-matian" para siswa untuk mengejar kelulusan.

Ujian Nasional Diganti Evaluasi Nasional

Kebijakan di dunia pendidikan yang sangat ditunggu oleh praktisi pendidikan akan segera direalisasikan oleh Pemerintah. Kabar yang beredar luas kali ini adalah mengenai Penghapusan Ujian Nasional. Ini merupakan langkah terobosan yang sangat dinanti oleh praktisi pendidikan di Indonesia.

Hal ini terkait dengan informasi dan juga pemberitaan yang mengabarkan mengenai Ujian Nasional akan segera diganti dengan Evaluasi Nasional.

Kita tunggu kepastian dari pemerintah tentang penggantian penghapusan Ujian Nasional UN ini dengan Evaluasi Nasional (Enas) dan juga alasan penyebab penggantian UN dengan Evaluasi Enas ini resmi dari Pemerintah dan Kemendikbud.

Tag : Pendidikan
Author: Tino Berita

Hanya seorang blogger yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan dan semoga bisa memberikan manfaat kepada kita semuanya

0 komentar:

Recent Articles

© 2014 ~ 2016 Tino Berita ~ WP Themonic ~ Template by Bloggertheme9 Powered by Blogger ~ News Farras ~ Sehat Kita Semua
TOP